Sidebar Ad

Konsep Dasar Sistem Info Manajemen

Konsep dasar sistem warta administrasi akan selalu bekerjasama dengan hal hal yang berkaitan jalannya sistem warta administrasi itu sendiri.

Tujuan sistem warta manajemen secara umum yaitu menghasilkan informasi. Informasi yang membantu administrasi secara keseluruhan.

Informasi dapat diperoleh dari data data yang telah diolah oleh sistem.

Konsep sistem warta secara mudah setidaknya menyerupai ini:
  1. Ada data yang akan diolah
  2. Ada instrumen untuk mengolah data tersebut
  3. Ada prosedur dalam pengolahan data
  4. Data yang telah diolah akan menjadi informasi
  5. Informasi disajikan kepada pengguna
  6. Pengguna warta akan memakai sesuai tujuannya.

Konsep Sistem Informasi Manajemen

Konsep sistem warta administrasi | img courtesy of pngtreen.com

Setidaknhya , konsep sistem warta administrasi tidak lepas dari hal hal yang bekerjasama dengan informasi , sistem , pengorganisasian , manusia , dan pengambilan keputusan. Masing masing hal tersebut saling terkait satu sama lain.

# Konsep Informasi

Informasi merupakan hasil dari sistem warta manajemen. Informasi berasal dari kumpulan data data mentah yang berasal dari internal ataupun eksternal perusahaan yang kemudian diolah , diproses oleh sistem sehingga menghasilkan warta yang berguna.

Informasi yang dihasilkan harus warta yang berkualitas , mempunyai kegunaan dan mempunyai manfaat yang maksimal bagi penggunanya. Jika warta tidak berkualitas , maka warta tersebut tidak akan banyak membantu pengguna khususnya dalam pengambilan keputusan.

Informasi yang mempunyai kegunaan yaitu warta yang relevan , akurat dan disajikan sempurna waktu. Selain itu warta juga harus dapat dibandingkan dengan warta yang lain yang sejenis , dapat dipertanggungjawabkan.

# Konsep Manusia

Manusia yaitu pihak yang merancang , mendesain , membangun , mengoperasionalkan dan yang memakai hasil dari sistem warta manajemen. Sistem warta administrasi tentu dirancang khusus sedemikian rupa oleh insan sehingga sistem tersebut dapat membantu mereka menghasilkan apa yang mereka butuhkan. Yaitu informasi.

Manusia juga yang bertugas menjalankan sistem semoga dapat beroperasional , dapat mengumpulkan dan mengolah data. Hasilnya akan dinikmati oleh insan juga.

Tentu saja akan diperlukan banyak insan yang terlibat dalam merancang sampai menjalankan sistem warta manajemen. Masing masing insan mempunyai tugasnya sendiri sendiri yang terhubung dan saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. 

# Konsep Sistem

Sistem merupakan campuran elemen/komponen atau subsistem yang menjalankan tugasnya masing masing yang saling terintegrasi , saling terhubung satu dengan yang lain sehingga membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan satu tujuan.

Subsistem subsistem atau elemen sistem ini akan melaksanakan tugasnya masing masing dalam satu rancangan besar sebuah sistem. Ada subsistem yang bertugas mengumpulkan data , ada sistem lain yang mengolahnya , kemudia sistem lain menyempurnakannya sampai menghasilkan sebuah warta yang mempunyai kegunaan bagi para pemakainya.

Baca juga Komponen Sistem Informasi Manajemen

# Konsep Organisasi Manajemen

Sesuai namanya , sistem warta administrasi berada dalam lingkup organisasi administrasi perusahaan.

Sebuah perusahaan tentu mempunyai tujuan. Salah satu tujuannya yaitu menghasilkan laba semaksimal mungkin , meningkatkan kemakmuran pemiliknya. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut , dibentuklah organisasi administrasi untuk menjalankan operasional perusahaan.

Manajemen akan mengelola perusahaan untuk mencapai tujuan. Manajemen akan memaksimalkan fungsinya menyerupai merencanakan , mengorganisasikan , melaksanakan dan mengendalikan operasional perusahaan.

Baca juga: 4 Fungsi Manajemen

Dalam perjalannya , administrasi akan membutuhkan sistem warta administrasi untuk membantu tugasnya.

Manajemen membutuhkan warta untuk melaksanakan tugasnya , maka sistem warta administrasi akan menyediakan warta yang diperlukan untuk semua elemen organisasi manajemen , mulai dari lapisan bawah sampai administrasi lapisan puncak.

# Konsep Pengambilan Keputusan

Tujuan utama sistem warta administrasi yaitu menghasilkan informasi , terlepas bagaimana cara sistem tersebut bekerja untuk menghasilkan warta yang dibutuhkan.

Konsep pengambilan keputusan yaitu konsep yang memanfaatkan warta yang dihasilkan oleh sistem warta administrasi untuk dijadikan dasar , bahan , atau pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Misalnya , manajemen keuangan akan merencanakan melaksanakan efisiensi biaya , penghematan terhadap pengeluaran yang mungkin masih dapat ditunda , dapat dihilangkan atau tidak menghasilkan laba yang sepadan.

Untuk melakukannya , administrasi keuangan memerlukan warta mengenai bab pengeluaran yang mana yang harus dilakukan penghematan. Pos pos mana yang dapat ditunda pengeluarannya , pengeluaran menyerupai apa yang tidak bermanfaat , atau pos mana yang keuntungannya terlalu kecil daripada baiya yang dikeluarkan.

Sistem warta administrasi akan membantu administrasi keuangan tersebut untuk mendapat warta mengenai hal hal tersebut. Dengan informasi , administrasi keuangan akan mengambil keputusan yang terarah , tidak akan salah , atau meminimalkan kesalahan dalam melaksanakan efisiensi pengeluaran.

Baca juga : Karakterisitik Sistem Informasi Manajemen

Demikianlah konsep dasar sistem warta administrasi pada perusahaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan koreksi bila ada kesalahan baik dalam penulisan atau maknanya. Terima kasih.


Sumber https://duniaaktaunik1.blogspot.com/
Sumber http://chocgurlz-syzas.blogspot.com/
Sumber http://davidcawthray.blogspot.com/
Sumber https://hizzamzone.blogspot.com/
Sumber https://lyacygdye.blogspot.com/
Sumber https://latifahyusak.blogspot.com/
Sumber https://kindersurpriseee.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates: