Sidebar Ad

7 Alasan: Pentingnya Sistem Warta Manajemen

Pentingnya sistem informasi administrasi dalam perusahaan tidak terlepas dari hal hal yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri.

Segala jenis keputusan manajemen. Dan juga acara manajemen. Selalu menurut pada data data. Berdasarkan informasi yang ada. Yang tersedia. Yang dimiliki oleh manajemen.

Data dan informasi menjadi penting. Manajemen selamu mengandalkan itu. Agar setiap langkah yang diambil: tidak salah arah. Dan tidak merugikan perusahaan.

Informasi yang digunakan yaitu informasi terbaru. Yang paling up-to date , informasi yang sudah lama manfaat yang kecil. Jarang dipakai. Kecuali untuk tujuan khusus.

Sistem informasi manajemen membantu administrasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Sistem informasi administrasi akan mengumpulkan data. Dan mengolahnya. Untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan tersebut.

Mengapa sistem informasi administrasi itu penting bagi perusahaan?

SIM penting sebab perusahaan butuh.

Kenapa perusahaan butuh? sebab kebutuhan.

Perusahaan mempunyai masalah. Banyak masalah. Harus diselesaikan.

SIM dibutuhkan untuk membantu menuntaskan masalah.

Makanya jadi penting.

Dan lagi. SIM punya banyak manfaat. Ini diantaranya:

  1. Akses data yang cepat dan juga akurat.
  2. Membantu dalam proses perencanaan. 
  3. Membantu mengidentifikasikan: apa yang dibutuhkan perusahaan.
  4. Membantu dalam pengambilan keputusan investasi
  5. Mengantisipasi dampak kondisi ekonomi. 
  6. Membantu melaksanakan pembiasaan terhadap teknologi baru
  7. Meningkatkan produktifitas operasi.
  8. Memberitahu biaya biaya yang tidak perlu dikeluarkan. Efisiensi
  9. Menangkap peluang gres yang tidak terpikirkan sebelumnya
  10. Membantu ini: menjaga jumlah persediaan yang minimal. Agar efisien.
  11. Memonitor kegiatan operasional
Dan masih banyak lagi. Bisa ribuan.

**


Setiap dikala administrasi harus menciptakan keputusan. Keputusan harus didasari oleh informasi yang tepat. Informasi dihasilkan oleh sistem informasi manajemen.

Manajemen butuh informasi , Sistem informasi administrasi menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Sederhana.

Namun ada hal yang mendorong sistem informasi administrasi menjadi lebih dibutuhkan oleh administrasi perusahaan. Bahkan menjadi wajib dimiliki.

Pentingnya sistem informasi administrasi dalam perusahaan tidak terlepas dari hal hal yang bi 7 Alasan: Pentingnya Sistem Informasi Manajemen


Baca juga : Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen

# 1. Tugas Manajemen Semakin Kompleks

Tugas administrasi yaitu memastikan perusahaan bisa beroperasi dengan normal. Menghasilkan laba yang maksimal. Dan yang penting: memperlihatkan kemakmuran kepada pemilik perusahaan. Sederhana.

Namun Dunia terus berubah. Berkembang dari waktu ke waktu. Kebutuhan juga berkembang. Ilmu administrasi juga ikut berkembang. Membuat kiprah yang harus diemban semakin komplek.

Ditambah lagi: skala perusahaan berkembang. Menjadi lebih besar. Dari kecil menjadi perjuangan besar. Dari besar menjadi lebih besar lagi. Menjadi multinasional. Dan seterusnya.

Semakin banyak lini bisnis perusahaan. Semakin banyak kebutuhan. Semakin lengkap tujuan. Semakin banyak komponen gres yang harus diperhatikan. Berkembangnya perusahaan menciptakan kiprah tugas administrasi semakin komplek.

Fungsi administrasi yang hanya perihal perencanaan , mengorganisasikan , mengarahkan dan mengendalikan perusahaan akan semakin lebih rumit.

Semakin banyak yang perlu diperhatikan , semakin luas komponen yang perlu diawasi , semakin banyak tekanan yang akan diterima manajemen , semakin banyak keputusan yang harus diambil secara hati hati.

Semakin kompleksnya kiprah manajemen , maka administrasi memerlukan sesuatu yang bisa membantunya. Sistem informasi administrasi yaitu salah satu solusinya.

Sistem informasi administrasi bisa membantu atau paling tidak meringankan kiprah administrasi dengan memperlihatkan informasi yang dibutuhkan manajemen. Informasi yang diberikan bisa dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan manajemen , baik keputusan dalam perencanaan ,  pengawasan dan  pengendalian atau tujuan yang lain.

# 2. Teknologi Informasi Semakin Kompleks

Teknologi yang semakin kompleks , dalam artian semakin maju akan memudahkan administrasi dalam melaksanakan tugasnya.

Anda pernah melihat atau membeli produk di minimarket atau supermarket ?

Hanya dengan menempelkan barcode yang terdapat pada kemasan produk , sudah bisa diketahui informasi mengenai harga produk , diskon (bila ada) , nama produk , varian produk. Bahkan bagi pihak supermarket dalam sistemnya sudah bisa diketahui tentang , produsen produknya , distributor , waktu pengiriman , stok produknya digudang ataupun ditoko bahkan nama petugas yang menanganinya.

Semua bisa diketahui dengan waktu yang cepat. Tidak rumit.

Teknologi informasi yang semakin kompleks sesungguhnya sangat membantu sistem informasi administrasi dalam menjalankan tugasnya. SIM bisa bekerja secara efektif dan efisien serta cepat dalam mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi yang cepat , tepat , akurat bagi manajemen.

Dengan adanya kemajuan teknologi , pada jadinya administrasi perusahaan akan sangat terbantu. Maka selayaknya sistem informasi administrasi menjadi alat wajib yang harus dimiliki perusahaan. 

Sistem informasi administrasi berbasis teknologi informasi yang mumpuni harus digunakan. Perusahaan sebaiknya menginvestasikan sebagian dananya kepada teknologi untuk menunjung kinerjanya.

# 3. Pengaruh Kondisi Perekonomian

Apa relasi imbas kondisi perekonomian yang terjadi diluar perusahaan dengan sistem informasi administrasi ?

Bahwa sistem informasi administrasi yaitu mengolah semua data baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Data dari eksternal perusahaan bisa dipengaruhi oleh situasi dan kondisi perekonomian.

Contohnya data mengenai nilai kurs mata uang , kurs mata uang akan besar lengan berkuasa pada perusahaan yang berafiliasi dengan ekspor atau impor barang. Contoh lain penurunan daya beli masyarakat , kenaikan kelas menengah , demam isu yang sedang terjadi terutama yang berafiliasi dengan produk dan pola lainnya.

Kondisi tersebut secara tidak eksklusif bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Beberapa situasi akan berdampak konkret dan berdampak negatif terhadap kinerja perusahaan.

Untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif. Manajemen membutuhkan informasi yang berkaitan dengan hal yang terjadi diluar perusahaan semoga bisa melaksanakan antisipasi.

Informasi tersebut bisa diperoleh dengan tunjangan sistem informasi manajemen.

Sistem informasi administrasi akan mengumpulkan data data dari luar tersebut untuk diolah menjadi informasi yang akan disampaikan kepada penggunanya , khususnya administrasi perusahaan.

# 4. Persaingan Usaha

Tekanan persaingan perjuangan berarti administrasi harus mengusahakan perusahaan unggul atas pesaingnya. Unggul dalam hal apa saja yang dipersaingkan. Lebih unggul dalam hal produk , manfaat produk , unggul dalam pemasaran dan pangsa pasar , harga yang kompetitif dan hal lain yang dibandingkan dengan kompetitor.

Untuk mengarungi persaingan , administrasi harus mempunyai informasi mengenai para kompetitor dan mengenai kelemahan produknya sendiri.

Manajemen harus mengadakan perubahan terhadap apapun yang dinilai menjadi penghambat produknya untuk bersaing. Manajemen harus memperbaiki apa saja yang dirasa kurang.

Untuk mengetahui kelebihan kompetitor dan kekurangan produk sendiri , administrasi harus mempunyai informasi selengkap dan sedetail mungkin perihal produk kompetitor dan juga produk sendiri.

Sistem informasi administrasi bisa diandalkan untuk bisa menyajikan informasi informasi yang dibutuhkan tersebut.

Sistem informasi administrasi akan mengumpulkan data data mengenai kompetitor , data perihal marketshare kompetitor , data kekurangan produk perusahaan sendiri dan semua data yang berkaitan dengan keduanya kemudian mengolahnya menjadi sebuah informasi yang berkhasiat bagi administrasi untuk mengambil langkah lanjutan dalam memenangkan persaingan.

Disini terlihat pentingya kiprah sistem informasi administrasi dalam perusahaan.

# 5. Pengaruh Kecepatan Waktu

Siapa cepat ia dapat. Sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pentingnya waktu dalam hal apapun. Termasuk dalam operasional perusahaan.

Manajemen harus mempunyai respon yang cepat terhadap apapun yang terjadi , manajer harus secepatnya menciptakan keputusan perihal permasalahan yang terjadi.

Banyak tekanan yang terjadi dalam operasional perusahaan , tekanan bisa tiba dari pelanggan , pesaing , bahkan dari karyawan sendiri. Semakin lama permasalahan dibiarkan , maka permasalahan yang akan tiba akan semakin besar. Untuk itu diharapkan penanganan yang cepat.

Sekali lagi , untuk menangani sebuah masalah , administrasi memerlukan informasi yang tepat , relevan , akurat dan yang lebih penting CEPAT untuk merespon problem yang membutuhkan solusi cepat.

Informasi memang diharapkan dalam pengambilan keputusan semoga tidak salah dalam pengambilan keputusan yang bisa menciptakan problem semakin besar.

Informasi yang dibutuhkan bisa dihasilkan oleh sistem informasi manajemen. Dengan tunjangan teknologi , contohnya koneksi internat dan jaringan lain. Data bisa dikumpulkan dan diolah dengan cepat dan informasi yang dihasilkan bisa dengan cepat hingga kepada banyak sekali pihak yang membutuhkan. Tidak peduli jaraknya sejauh apa.

Manajemen akan mengandalkan informasi ini untuk menangani dan memecahkan problem dengan cepat.

Baca juga: Manfaat Sistem Informasi Manajemen

# 6. Temuan Inovasi

Temuan penemuan gres memungkinkan perusahaan bisa melaksanakan operasi secara efektif , efisien dan cepat. Sementara kiprah administrasi semakin komplek , penemuan teknologi gres bisa meringankan beban kerja administrasi sehingga langkah administrasi bisa lebih terarah.

Temuan penemuan sanggup mendukung sistem informasi administrasi menghasilkan informasi yang lebih cepat lagi , lebih akurat dan lebih relevan lagi. Sistem informasi administrasi akan semakin gampang digunakan.

# 7 Tekanan Sosial

Kegiatan operasi perusahaan akan selalu berafiliasi dengan lingkungan sekitar perusahaan. Lingkungan sosial bisa besar lengan berkuasa pada kinerja sebuah perusahaan. Perusahaan bisa menjadikan imbas konkret dan juga negatif terhadap lingkungan sosial disekitar.

Permasalahan lingkungan sekitar sosial bisa saja terjadi kapansaja , menyerupai limbah hasil produksi yang bisa mencemari lingkungan sekitar baik pencemaran air , tanah ataupun udara (bau) , kemudian lalang kendaraan besar perusahaan yang bisa merusak jalan lingkungan dan imbas lain akhir acara perusahaan.

Masalah ini akan memicu tekanan sosial bagi perusahaan. Bahkan tanpa menjadikan masalahpun terkadang perusahaan harus mendapatkan tekanan sosial menyerupai premanisme , hukum wajib memakai karyawan sekitar walaupun tidak punya kemampuan teknis dan problem lainnya.

Agar tekanan sosial ini tidak mengganggu kinerja perusahaan , manajer harus bisa memetakan , memprediksi dan mencegah problem yang kemungkinan akan terjadi. Manajer membutuhkan informasi yang akurat perihal lingkungan disekitar perusahaan.

Informasi ini akan digunakan untuk kebijakan perusahaan dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar semoga tidak berdampak jelek dimasa yang akan datang.

Kesimpulan

7 Faktor diatas bisa menjelaskan pentingnya sistem informasi administrasi bagi perusahaan. Sistem informasi administrasi pada jadinya akan menjadi sajian wajib yang harus ada dalam perusahaan semoga tetap bisa bertahan hidup , survive dalam persaingan yang ketat , dalam hukum yang ketat , dalam kondisi ekonomi yang buruk , bahkan bertahan dalam perubahan perubahan yang tidak direncanakan sekalipun.

Batasan yang dimiliki administrasi perusahaan bisa diatasi atau paling tidak diminimalkan oleh sistem informasi manajemen.
Sumber https://duniaaktaunik1.blogspot.com/
Sumber http://chocgurlz-syzas.blogspot.com/
Sumber http://davidcawthray.blogspot.com/
Sumber https://hizzamzone.blogspot.com/
Sumber https://lyacygdye.blogspot.com/
Sumber https://latifahyusak.blogspot.com/
Sumber https://kindersurpriseee.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates: