Ruang Lingkup Sistem Info Manajemen
Ruang lingkup sistem gosip administrasi terdiri dari 4 lingkup. Sesuai dengan namanya , ruang lingkup sistem gosip administrasi terdiri dari:
Data yang bagaimana yang dikumpulkan dan dioleh oleh sistem gosip administrasi ?
Data yakni fakta mentah yang masih belum mempunyai manfaat atau keuntungannya tidak optimal. Belum menjadi gosip yang mempunyai kegunaan bagi perusahaan. Agar data bisa mempunyai manfaat yang optimal dan berguna , maka data perlu diolah oleh sistem gosip manajemen.
Data yang dimaksud dalam sistem gosip administrasi terdiri dari fakta dan angka mengenai perusahaan. Baik data yang berasal dari internal ataupun data yang berasal dari eksternal perusahaan.
Apabila dilihat dari jenisnya , maka data bisa dikelompokkan menjadi dua jenis , yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.
Sumber https://duniaaktaunik1.blogspot.com/ Sumber http://chocgurlz-syzas.blogspot.com/ Sumber http://davidcawthray.blogspot.com/ Sumber https://hizzamzone.blogspot.com/ Sumber https://lyacygdye.blogspot.com/ Sumber https://latifahyusak.blogspot.com/ Sumber https://kindersurpriseee.blogspot.com/
- Data
- Sistem
- Informasi
- Manajemen
Ruang Lingkup Sistem Infomrasi Manajemen | source : prestashopmanager.com |
1. Data
Salah satu kiprah sistem gosip administrasi yakni mengumpulkan data kemudian dioleh sehingga data data tersebut menjadi sebuah gosip yang mempunyai kegunaan bagi pihak yang membutuhkan.Data yang bagaimana yang dikumpulkan dan dioleh oleh sistem gosip administrasi ?
Data yakni fakta mentah yang masih belum mempunyai manfaat atau keuntungannya tidak optimal. Belum menjadi gosip yang mempunyai kegunaan bagi perusahaan. Agar data bisa mempunyai manfaat yang optimal dan berguna , maka data perlu diolah oleh sistem gosip manajemen.
Data yang dimaksud dalam sistem gosip administrasi terdiri dari fakta dan angka mengenai perusahaan. Baik data yang berasal dari internal ataupun data yang berasal dari eksternal perusahaan.
# Data Internal
Data internal perusahaan menggambarkan kondisi internal perusahaan. Misalnya data pegawai , data keuangan , data biaya produksi , data persediaan dan lain sebagainya.# Data Eksternal
Data eksternal peursahaan merupakan citra mengenai kondisi dan situasi yang ada diluar perusahaan atau yang bisa besar lengan berkuasa pada perusahaan. Contohya data pengguna produk , tingkat kepuasan konsumen , persebaran produk dan pangsa pasarnya. dan sebagainya.Apabila dilihat dari jenisnya , maka data bisa dikelompokkan menjadi dua jenis , yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.
# Data Kuantitatif
Data kuantitatif bisa tunjukkan dengan angka angka. Contoh data kuantitatif yakni jumlah biaya promosi , jumlah pegawai , biaya gaji , harga produk , kuantitas persediaan , jumlah materi baku dan lain sebagainya.# Data Kualitatif
Data kualitatif yakni data yang tidak bisa ditunjukkan dengan angka angka , tapi disajikan dalam bentuk kata kata yang mempunyai arti/makna. Contoh data kualitatif yakni kepuasan konsumen , respon dan persepsi pelanggan terhadap produk yang gres diluncurkan dan lain sebagainya.2 .Sistem
Sistem yakni adonan atau kumpulan dari banyak sekali elemen yang saling terhubung dan bekerja sama dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan.
Ruang lingkup sistem pada perusahaan yakni sistem gosip mengenai hal hal yang bekerjasama dengan kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sistem yang didesain untuk mengumpulkan seluruh data yang ada baik internal maupun eksternal perusahaan dan mengolahnya menjadi sebuah gosip yang mempunyai kegunaan bagi perusahaan dan stakeholder yang bekerjasama dengan perusahaan.
3. Informasi
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang mempunyai arti dan manfaat yang bisa dijadikan sebagai materi pertimbangan dalam pembuatan keputusan stakeholder perusahaan.
Informasi yang dihasilkan dalam lingkup sistem gosip administrasi yakni gosip yang berkualitas yang mempunyai manfaat yang optimal. Informasi harus relevan , akurat dan sempurna waktu.
# Relevan
Informasi dalam ruang lingkup sistem gosip administrasi harus relevan. Informasi yang relevan didalamnya berisi gosip informasi yang mempunyai kegunaan bagi pemakainya. Informasi yang mempunyai keterkaitan dengan kondisi dan situasi yang dialami oleh perusahaan dan yang kemungkinan akan dialami dimasa mendatang.
Misalkan , seorang manajer sumber daya insan (human resource)ingin mengetahui perihal jumlah pegawai , kinerja bawahan , produktifitas karyawan namun diberikan gosip mengenai laporan arus kas perusahaan. Maka gosip arus kas perusahaan tersebut yakni gosip yang TIDAK RELEVAN.
Karena manajer SDM tidak mendapat manfaat apapun dari gosip arus kas tersebut. Informasi tidak berkaitan dengan sumber daya manusia. Manajer SDM tentu tidak bisa mengakibatkan gosip laporan arus kas tersebut sebagai materi pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Tentu hal yang berbeda jikalau gosip laporan arus kas tersebut disajikan kepada manajer keuangan. Maka akan sangat relevan.
# Akurat
Informasi yang akurat menjadi syarat wajib dalam sistem gosip manajemen. Informasi akurat merupakan gosip yang sempurna presisi dengan kesalahan yang minimal. Informasi akurat akan diperoleh bila data data yang dioleh sebelumnya yakni data yang benar benar valid tidak dimanipulasi.
Karena gosip akan digunakan sebagai materi pertimbangan dalam pengambilan keputusuan , ketidak-akuratan gosip bisa menimbulkan keputusan yang diambial akan merugikan. Salah dalam mengambil keputusan alasannya gosip yang dijadikan fatwa ternyata tidak akurat.
# Tepat Waktu
Informasi sempurna waktu maksudnya yakni gosip yang dihasilkan sistem gosip administrasi tidak terlambat disajikan kepada pihak yang membutuhkan. Diterima dikala diperlukan. Informasi yang disajikan tidak sempurna waktu akan kehilangan sebagian bahkan keseluruhan nilai gosip tersebut.
Kondisi dan keadaan internal dan eksternal perusahaan bisa dengan cepat berubah. Waktu bisa berjalan dengan cepat. Informasi yang tidak sempurna waktu akan berkurang keuntungannya bahkan tidak bermanfaat.
Ketika unsur diatas harus dipenuhi dalam sebuah pelaporan informasi. Apabila salah satu tidak dipenuhi , maka gosip yang dihasilkan berkurang keuntungannya bahkan bisa menyesatkan.
4. Manajemen
Ruang lingkup administrasi berada pada proses maupun kegiatan yang dijalankan untuk mengelola perusahaan. Kegiatan yang dilakukan ibarat melaksanakan perencanaan , mengkoordinasikan , mengawasi , dan mengendalikan operasional perusahaan semoga tujuan perusahaan tercapai.
Tambahan:
# Sistem Informasi
Lingkup sistem gosip pada perusahaan yakni menyangkut pengumpulan data transaksi harian , pengolahan , membantu operasional perusahaan , merumuskan metode yang akan dipakai , dan menginformasikan temuan hasil olah data yang dilakukan kepada pihak pihak yang membutuhkan.
Ada beberapa pola sistem informasi , berikut diantaranya :
- Transaction Processing System (TPS)
- Knowledge Work System (KWS) and Office Automation System (OAS)
- Information Management System (IMS)
- Decision Support System(DSS)
- Group Decision Support System (GDSS)
- Computer Support Collaborative Work System (CSCW)
- Executive Support System (ESS)
- Expert System (ES) and Artificial Inteligent (AI)
Baca lebih lanjut : Contoh Sistem Informasi Manajemen Dalam Perusahaan
Hal yang paling mencolok dari sistem gosip manajemen (SIM) yakni penggunaan teknologi informasi. Khususnya komputer sebagai alat bantunya.
Ruang lingkup sistem gosip administrasi bisa dikatakan sebagai kombinasi antara sumber daya insan dan kemampuan komputer yang bisa mengumpulkan data , menentukan data , mengolah data , menyimpan data dan penggunaan data sampai menjadi sebuah gosip yang diharapkan oleh pihak yang berkepentingan.