Fungsi Pemasaran Yang Perlu Diketahui
Fungsi Manajemen Pemasaran meliputi riset konsumen , pengembangan suatu produk , komunikasi - promosi , taktik distribusi , penetapan harga produk dan proteksi layanan.
Seluruh kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui , memenuhi , melayani , serta memuaskan kebutuhan para konsumen. Adapun fungsi dari pemasaran itu sendiri ada beberapa diataranya akan kita bahas dalam artikel ini
Didalam konsep fungsi pemasaran yang dikemukakan oleh Sofjan Assauri [1987: 19] yang meng-klasifikasi-kan fungsi pemasaran kedalam 3 (tiga) fungsi dasar pemasaran , yaitu :
Pada goresan pena ini , fungsi pemasaran yang akan disoroti yakni :
Fungsi pembelian ini intinya yakni sebuah proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan timbal balik dari acara penjualan (Selling).
Maka daripada itu perlu untuk dipahami kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat menciptakan orang atau konsumen melaksanakan pembelian barang atau jasa.
Aktivitas penjualan yakni lawan dari acara pembelian. kegiatan pembelian (buying) tidak akan pernah terjadi tanpa acara penjualan. demikian juga sebaliknya.
Menurut Sofjan Assauri [1987: 303] yang dimaksud dengan info ialah keterangan yang berupa fakta , data ataupun hasil analisis , pertimbangan atau sebuah pandangan dari pemberli info ihwal keadaan kondisi yang secara pribadi terkait dengan kebutuhan dalam pengambilan suatu keputusan manajemen
Seluruh kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui , memenuhi , melayani , serta memuaskan kebutuhan para konsumen. Adapun fungsi dari pemasaran itu sendiri ada beberapa diataranya akan kita bahas dalam artikel ini
Fungsi Pemasaran
Fungsi pemasaran yakni acara yang dijalankan pada bisnis yang terlibat didalam menggerakkan barang atau jasa dari produsen hingga hingga ke tangan para konsumen (William J. Shultz)Didalam konsep fungsi pemasaran yang dikemukakan oleh Sofjan Assauri [1987: 19] yang meng-klasifikasi-kan fungsi pemasaran kedalam 3 (tiga) fungsi dasar pemasaran , yaitu :
- Fungsi pembelian dan penjualan
- Fungsi suply fisik - pengangkutan dan penyimpangan (penggudangan)
- Fungsi penunjang - pengamanan , standardisasi dan grading , keuangan (financing) , penanggungan terhadap resiko serta info pasar
Pada goresan pena ini , fungsi pemasaran yang akan disoroti yakni :
[1] Fungsi Pembelian | Buying
Fungsi pemasaran pembelian yakni fungsi yang mengikuti kegiatan kegiatan yang mencari serta mengumpulkan barang atau jasa yang diperlukan sebagai persediaan dalam memenuhi kebutuhan para konsumen.Fungsi pembelian ini intinya yakni sebuah proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan timbal balik dari acara penjualan (Selling).
Maka daripada itu perlu untuk dipahami kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat menciptakan orang atau konsumen melaksanakan pembelian barang atau jasa.
[2] Fungsi Penjualan | Selling
Fungsi penjualan (selling) meliputi kegiatan yang dijalankan untuk mencari para calon pembeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan impian dapat memperoleh keuntungan.Aktivitas penjualan yakni lawan dari acara pembelian. kegiatan pembelian (buying) tidak akan pernah terjadi tanpa acara penjualan. demikian juga sebaliknya.
[3] Fungsi Transportasi
Fungsi transportasi merupakan proses pemindahan barang dari suatu daerah dipindahkan ke daerah yang lainnya (pemindahan)[4] Fungsi Penyimpanan | Penggudangan
Penggudangan atau penyimpanan barang yakni fungsi penyimpanan suatu produk yang telah dibeli sebagai persediaan biar dapat menghindari resiko kerusakan barang atau resiko resiko yan glain yang dapat saja muncul[5] Fungsi Informasi Pasar
Informasi pasar ini yakni fungsi pemasaran yang bersifat luas serta penting , ini dikarenakan fungsi info pasar ini menyajikan info mengenai situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang masih bekerjasama dengan produk yang terkait , harga jual yang inginkan oleh konsumen dan situasi kondisi pasar secara keseluruhan.Menurut Sofjan Assauri [1987: 303] yang dimaksud dengan info ialah keterangan yang berupa fakta , data ataupun hasil analisis , pertimbangan atau sebuah pandangan dari pemberli info ihwal keadaan kondisi yang secara pribadi terkait dengan kebutuhan dalam pengambilan suatu keputusan manajemen
Semua hal hal diatas tentunya harus dikuasai dengan matang dan mendetail serta penerapan yang sempurna oleh pihak Manajemen Pemasaran walau terkadang dalam penerapannya tentu mengalami dan menghadapi banyak sekali hambatan yang terkadang tidak diperhitungkan sebelumnya.
Pemahaman yang utuh atas fungsi manajemen pemasaran nantinya akan dapat dijadikan materi kajian dari sebuah strategi pemasaran yang akan di terapkan untuk memaksimalkan semua peluang yang ada.
Sumber https://duniaaktaunik1.blogspot.com/ Sumber http://chocgurlz-syzas.blogspot.com/ Sumber http://davidcawthray.blogspot.com/ Sumber https://hizzamzone.blogspot.com/ Sumber https://lyacygdye.blogspot.com/ Sumber https://latifahyusak.blogspot.com/ Sumber https://kindersurpriseee.blogspot.com/
Pemahaman yang utuh atas fungsi manajemen pemasaran nantinya akan dapat dijadikan materi kajian dari sebuah strategi pemasaran yang akan di terapkan untuk memaksimalkan semua peluang yang ada.